بسم الله الرحمن الرحيم اللهم صل على محمد وال محمد

Rabu, 11 Desember 2013

Cantengan Cara Mengatasi & Obatnya

CANTENGAN (Paronychia) Cantengan adalah peradangan yang terjadi di daerah sekitar kuku yang ditandai dengan rasa nyeri berdenyut, bengkak, dan kemerah-merahan.

Penyebab Disebabkan oleh berbagai factor, seperti memotong kuku terlalu pendek sehingga ujung kuku merobek kulit ketika tumbuh, memakai sepatu yang terlalu ketat, dan gerakan kaki yang berhenti secara tiba-tiba ketika berolah raga, seperti basket dan bulutangkis, sehingga kuku menghujam ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

Pengobatan herbal Resep 1 (pemakaian luar) • Daun pacar kuku/pacar jawa secukupnya • Gula merah secukupnya • 1 sdt air perasan jeruk nipis • Cuci bersih semua bahan, haluskan, tambahkan air perasan jeruk nipis. • Tempelkan atau kompres pada bagian yang sakit. • Balut dengan kain kasa, biarkan 3-4 jam, lalu ganti dengan yang baru.

Resep 2 (pemakaian luar) • Daun dan batang tempuh wiyang • Gula pasir secukupnya • Haluskan tempuh wiyang, tempelkan pada sekitar kuku yangsakit, lalu balut.

Resep 3 (pemakaian luar) • Herba pacar air secukupnya • Cuci bersih bahan, lalu haluskan. • Tempelkan di sekitar kuku yang sakit, lalu bungkus dengan kain kasa.

Resep 4 (pemakaian luar) Pacar Kuku Arab • KHASIAT DAUN INAI (DAUN PACAR) Daun inai biasanya sering dipakai untuk cat kuku atau cutex, Namun di samping itu masih ada gunanya yang lain, yakni sebagai obat luka. Jika kuku tangan anda membengkak, atau jari kuku tersandung batu, maka gunakanlah daun inai/pacar untuk mengobati-nya. Caranya: — Daun inai/pacar ditumbuk sampai halus. — Dicampur sedikit tawas. — Lalu tempejkan ramuan tadi pada bagian yang sakit. Insya Allah bengkak akan segera hilang.

Sumber : http://www.ademati.org

Resep 5 (pemakaian luar)

1. Setiap Pagi, sore dan malam sebelum tdur Kompres Luka Cantengan dengan air Hangat (soalnxa kalau direndam Nyerinya ampe ke ubun2)
2. Setelah di rendam dan kulit memutih, Bersihkan nanah dan luka dengan Kain yg bersih (Kasa atau Perban) jgn dengan Kapas!!! Karena akan ada sisa2 kapas yg menempel
3. Setelah di bersihkan biarkan Kaki yg Cantengan Kering (skitar 3mnt)
4. Teteskan Albothyl «~(obat ini ada di apotek) 1 sampe 2 tetes setiap selesai kaki di kompres dan di bersihkan
5. Biarkan Mengering , Lakukan Metode ini Setiap hari selama 3 hari berturut_turut jgn ampe terputus, dalam waktu 2 hari pun udah keliatan koq tanda2 kesembuhan

Pantangannya antara Lain :

Setiap kali Memakai Kaos kaki Tutup luka cantengan dengan Kasa atau perban yg halus Jangan Memotong Kuku anda, Sampai kuku itu terus Tembus atau muncul keluar di sela2 daging, kenapa?? Karena kalau terus di potong lancip , kuku akan terus2 kembali mendorong ke arah daging yg cantengan, jd biarkan saja kuku terus tumbuh , sampai cantengan sembuh baru bisa anda rapikan(tp jgn potong dalem2 lg) Usahakan Kaki yg cantengan jangan terkena air saat anda mandi, ikat dengan plastik atau semacamnya

Sumber : Cotsload, the_ants99@yahoo.com

Catatan : Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur sampai sembuh.

Resep Lainnya

- Salep “garamicyn” harganya Rp. 25.000 empat kali oles sudah sembuh!!

Ambil bawang merah 2 atau 3 butir kupas dan cuci sampai bersih, Giling, namun jangan sampai halus, Bubuhi dengan minyak kelapa sebanyak satu sendok makan, Aduk hingga minyak tersebut tercampur dengan bawang,

Kemudian ambil secarik daun pisang, Letakkan ramuan bawang dan minyak kelapa tadi diatas daun pisang, Kemudian bakar diatas api sedang sampai panas.

Pemakaiannya: Dalam kondisi panas (sekuat kita) ramuan ini kita balutkan ke jari yang cantengan bersama-sama dengan daun pisangnya, lalu balut lagi dengan kain perban dan ikat supaya tidak lepas.

Ulangi penggunaan obat ini selama 3 sampai 4 kali sehari. Selama 2 atau 3 hari secara berturut-turut. Rasakan rasa berdenyut-denyut pada kaki anda lambat laun akan berkurang. Dan pada hari keempat canetngan anda akan hilang. Tak perlu ke dokter atau operasi.

Info yang lain klick di sini 

Somoga cepat sembuh ........


Posted via Blogaway

Tidak ada komentar:

Posting Komentar