بسم الله الرحمن الرحيم اللهم صل على محمد وال محمد

Senin, 23 Desember 2013

Upgrade Performa New Jupiter MX dengan biaya minimum


CARA KE 1
Alhamdulillah mas bro…walau jadwal ane lumayan padat…pergi kuliah pagi pulang maghrib…insya allah ada waktu buat share artikel terbaru…
yups…kali ini ane mau brbagi cara upgrade performa New Jupiter MX dengan biaya minimum…emang bisa ya?? kan biasanya klw mau upgrade biayanya gede…klw menurut ane bisalah mas bro…apasih yg enggak bisa di dunia ini zaman sekarang….ya kan…

nah, yg perlu d upgrade kali ini adalah sisi pengapian mas bro…klw mas bro mau buat NJMX-nya pengapiannya lebih bagus dri standar bisa ikuti saran ane…
yg pertama, bisa aplikasikan Koil atau klw d Daerah Medan namanya Dasi Klos mas bro…nah, bisa pakai punya Koil Honda Kharisma…dengan kode part 30500-KPH-900 harganya Rp 65.000 (Harga website resmi Honda)

Koil Honda Kharisma
nah, pemasangannya PNP gak?? untuk pemasangan jelas gak PNP mas bro…tpi tenang, mekanik biasanya ngerti kok…Koil Honda Kharisma sendiri itu besar dripada Koil New Jupiter MX…jdi dudukan baut yg bisa terpasang hanya 1…jdi mur n baut pemasangannya harus kencang…ditambah kabel penghubung antara Koil Kharisma n bawaan New Jupiter MX beda…jdi perlu ubahan…bisa dri penghubung dri Koilnya yg d ubah atau dri bawaan New Jupiter MX biar bisa trpasang…yg prnah ane baca keluaran output Koil New Jupiter MX itu hanya 15.000 volt sementara Koil Kharisma mencapai 35.000 volt….(semakian tinggi semakin bagus)
yg kedua, bisa ganti Busi bawaan New Jupiter MX dengan Busi NGK G-Power (NGK Platinum) CPR8EAGP 9 (tempat ane harganya 30 ribu)

Busi NGK CPR8EAGP9
nah, dri ubahan 2 itu saja…dengan biaya 95 ribu…setidaknya NJMX ane jdi sedikit bertenaga…untuk aksel biasa aja dri standar….tpi putaran atas agak lebih baik dri standar…untuk mencapai kecepatan 100-110 kpj…tidak sulit mas bro…dan untuk uji konsumsi bahan bakar…bisa nambah irit lebih kurang 3-5 kilometer dri standarnya…wow…emang segitu besar efeknya?? ya mas bro…itu hasil pengujian ane…
yg ketiga, klw dirasa masih kurang…bisa ubah gear belakang New Jupiter MX yg ukuran standar 38T bisa pakai Gear Belakang Jupiter Z lama ukuran 36T…ane beli d toko variasi merk DBS Rp 30.000….klw ori dealer sekitar Rp 55.000…

Gear belakang 36T Jupiter Z
klw ubahan gear belakang dikecilin yg dilakukan mas bro…nafas motor jdi panjang serasa pakai CDI Unlimit lah…tpi kan biasanya pakai Gear kecil tarikan lelet kan mas bro….?? klw ane rasa ga ada masalah mas bro, biasa aja dri standar…justru ane prnah tes ride Old Jupiter MX…ane kira tarikannya lebih enteng dri New Jupiter MX mas bro….trnyata tidak…msih enakan tarikan New Jupiter MX walau punya ane udah pakai gear belakang 36 ditambah harus narik velg besar+ban gambot…oya, klw pakai gear ini…biasanya nafas
gigi 1 cuman 40 kpj…ini bisa 50 kpj mas bro…
gigi 2 cuman 70 kpj…ini bisa 78 kpj…
gigi 3 cuman 90 kpj…ini bisa 98 kpj…
gigi 4 cuman 110 kpj…ini bisa 115-118 kpj…
gigi 5 hanya bersifat overdrive…tpi ada kenaikan topspeed walau sedikit…bisa lah untuk menggapai >120 kpj lebih dikit…
Pengalaman ane prnah ketemu dengan Old Jupiter MX mas bro….gigi 1 n 2 ane kalah tarikan…gigi 3 imbang…dan ketika pakai gigi 4 ane bisa salip n berada d depan mas bro…1 lgi, ketemu Vixion ketika touring sama2 boncengan…ketika dia ane mau salip dia malah nambah kecepatan, nah terjadilah saling betot gas…dan di gigi 4 ane bisa menang….(no offense mas bro..ini hanya sekedar pengalaman…itu semua trgantung joki jga)
oya, klw pakai Gear belakang 36T…mas bro harus rela klw motornya tambah boros…misalkan standar konsumsi BBM NJMX dapat 48 km/liter…pakai Koil Kharisma+Busi NGK G-Power bisa dapat 51 km/liter….nah, jika mas bro pakai Koil Kharisma+Busi NGK G-Power+Gear Belakang 36 maka konsumsi BBM-nya sperti standar jdi 48 km/liter…Namun demikian, kerugian pakai u belakang 36 yang bikin konsumsi bbm tambah boros, telah terkover oleh keunggulan dari pemakaian koil karisma…contoh mudahnya sperti itu bro…
jdi dengan biaya d bawah 150 ribu…kisaran antara 115 ribu-130 ribu…kita sudah dapatkan performa lebih baik dri standar….
ok mas bro…itu hanya sekedar share pengalaman n pengujian yg ane lakukan…semua ane tes brdsarkan yg ane rsakan….lebih dan kurang ane minta maaf klw ada yg kurang brkenan (macam pidato aja)…

CARA KE 2
menurut ane itu terlalu rumit+mahal bro,ane juga pake njmx bisa tembus 130km/jam.padahal njmx ane masih standar walopun ada sedikit perubahan simpel.yaitu:
-pake busi tdr ballistic (23rb)
-pasang 9power 2biji (85rb)
-sok depan ane turunin 3cm
semua tinggal pasang,9powernya dippasang dikabel busi diujung kop busi 1 ,yg 1nya diujung koil.
perbedaan lumayan wlp gk signifikan tapi tarikan lumayan mak nyooos+nafasnya agak panjang dikit.
gigi 1 – 45kmj
gigi 2 – 75kmj
gigi 3 – 97kmj
gigi 4 – 118kmj
gigi 5 puanjang bangeeeet ,,,bisa 130kmj lbh dikit walopun agk lama.

Sumber dari  http://trishinu.wordpress.com/2012/10/11/upgrade-performa-new-jupiter-mx-dengan-biaya-minimum/

   

Cara Upgrade Jupiter MX Jadi 150cc
Cara Upgrade Jupiter MX Jadi 150cc

Buat kang bro bikers Jupiter mx,biasanya jika motor  Jupiter mx sudah berumur 5 tahun ke atas atau sudah lebih dari 50.000 km motor wajib service besar untuk mengecek kondisi piston dan blok,apalagi yang di knalpot sudah mengeluarkan asap putih,,,itu tanda2nya oli terbakar diruang pembakaran.Ada 2 hal yang menyebabkan oli bisa ikut terbakar yaitu seal klep atau klep bocor dan yang kedua karena factor piston,ring piston,cylinder aus/baret.

Jika sudah sampai keluar asap putih bahkan sudah ngebul seperti knalpot motor 2 tak maka motor musti segera di service besar,jika tidak segera di service besar maka dalam jangka panjang oli mesin bisa habis dan malah jadi merembet ke sparepart yang lain. Kali ini tips buat bikers Jupiter mx yang mau melakukan service besar dan sekaligus mau upgrade ke 150cc yang aman karena pakai sparepart vixion.

Begini kang bro,sebenarnya hal ini bukan menjadi hal yang baru,,,dari dulu sudah banyak yang melakukannya,,tapi untuk yang sekarang biayanya lebih murah kang bro dari yang dulu,kalau dulu untuk menaikkan menjadi 150cc pakai blok old vixion tapi biayanya lebih mahal dibandingkan harga asli Jupiter mx sekarang jadi terbalik kang bro,,,justru malah lebih murah,,sudah upgrade ke 150cc biayanya pun lebih murah,,,kang bro pakai sparepart new vixion lighting.

Jika kang bro ganti sparepart Jupiter mx dari blok,piston,ring piston dan pin piston totalnya 650ribu jika pakai NVL hanya 518ribu,,,hemat 132ribu,,,,   MAAAUUU???lihat table dibawah kang bro,,,harga HET Yamaha.

Tapi jika pakai blok NVL ada sedikit penyesuain di bloknya kang bro karena diameter luar blok NVL yang masuk ke crankcase lebih besar dari jup.mx maka perlu dibubut 1mm biar bisa masuk,biaya bubut rata2 cm 30ribuan kok.

Kang ari kasih rincian total gasket2nya juga,,nich

Tapi biar akslerasi lebih enak biasanya noken as juga kang ari ganti pakai vixion,harganya 158ribu,,ni rinciannya kang bro,,

kang ari totalin up grade ya,,, harga part 518ribu,gasket 103ribu,jasa bubut 30ribu,noken as 153ribu.Totalnya 804ribu,Jika tanpa noken as cuma651`ribu.

Total jika tetap pakai jupiter mx harga part 650ribu,gasket 103ribu,totalnya 753ribu.

Belum termasuk ongkos jasa dan oli,,,

Monggo di cerna,,,

Sumber  http://aripitstop.wordpress.com/2013/03/22/upgrade-jupiter-mx-jadi-150cc/   


Posted via Blogaway

5 komentar:

  1. ente ganti semua gak fungsi semua , buat apa keluar biaya gede , nih caranya cukup ganti ring seher vixion juga masuk hanya selisih 0,4 mili , yg bilang gak bisa sungguh bodoh

    BalasHapus
  2. Okok klo pakek noken kawahara tambah gx ccnya gan klo tambah jd berapa ya

    BalasHapus
  3. mau nanya..bedanya code 3c1 dan 1PA apa mas bro...pdhl sama" ori blok vixion.knp harganya beda jauh ya?

    BalasHapus
  4. Kalo jupiter mx yang 5 speed pantat buring vixion juga di pangkas 1mm gak ya? Soale ane bingung. Kata bengkel yang wajib di pangkas cuman jupiter mx old yang 4 speed, kalo mx yang 5 speed gk usah di pangakas gak papa.

    BalasHapus
  5. Bang klo mx old blok vixion ,businya haru busi vixion atau mx bang?

    BalasHapus